Kebiasaan

Tidak mudah memang mengubah kebiasaan yang telah mendarah daging. Diperlukan niat dan tekad yang kuat untuk mau berubah. Tapi itulah hakekat penciptaan manusia. Harus terus berubah menjadi lebih baik, menjadi versi terbaik di hadapan Sang Pencipta.

Seorang sahabat pernah mengeluhkan susahnya menghafal al qur’an dan hadits. “Kan aku sudah berumur, jadi susah menghafalnya”, katanya pada suatu pertemuan. Dan aku yang kala itu masih muda dengan selisih umur yang cukup jauh dengannya dengan songongnya berkomentar, “Ya ga bisa gitu juga donk Mba, Rasulullah SAW aja menerima wahyu al quran pada usia 40 tahun. Gimana juga dengan sahabat-sahabat yang lain yang juga sudah berumur?”

Alhamdulillah sahabat saya itu orangnya baik. Waktu itu cuma berkomentar sambil tersenyum, “Iya ya.. jadi ga ada excuse.” Hihi.. maafkan kesongongan saya ya Mba, alhamdulillah Mbanya sabar. Coba ama orang lain, bisa-bisa saya langsung dikeplak.

Tatkala kini saya telah seumuran dengan si Mba itu pada waktu itu, saya sempat tercenung. Pengen ini itu, yang rasanya sulit sekali tercapai. Namun mengingat kembali ucapan saya waktu itu, saya harus kembali semangat. No excuse! Harus tetap semangat untuk selalu berubah menjadi lebih baik.

Leave a comment